METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM PERJANJIAN LAMA
Metode
Pembelajaran Inkuiri Dalam Perjanjian
Lama
PAPER 1
Diajukan
untuk memenuhi tugas pribadi pengantar perjanjian lama 2 semester genap 2017
Oleh
:
STEFANUS
MANGNGI PIGA
16212033
Program Studi Pendidikdn Agama keristen
Sekolah
Tinggi Teologi Bethel Indonesia
Jakarta
2017
METODE BELAJAR INKUIRI
DALAM KITAB PERJANJIAN LAMA
A.
PENDAHULUAN
Metode inkuiri bisa
juga disebut sebagai metode penemuan.
Metode penemuan adalah cara penyajian yang memberi kesempatan kepada
peserta didik untuk menemukan informasi dengan atau tanpa bantuan guru. Metode penemuan melibatkan peserta didik
dalam proses-proses mental dalam rangka penemuannya. Metode penemuan memungkinkan peserta didik
menemukan sendiri informasi-informasi yang diperlukan untuk mencapai tujuan
belajar Dengan adanya metode inkuiri ini siswa dapat melakukan berbagai hal untyuk menemukan
penemuan dalam memahami kitab perjanjian lama
Dalam Kejadian 12,
Allah telah memanggil Abraham untuk pergi dari Negerinya dan dari sanak
saudaranya dan dari rumah bapanya ke negeri yang akan ditunjukkan Allah
kepadanya. Abraham belum mengerti kemana
ia akan pergi dan bagaimana selanjutnya.
Namun Abraham tetap pergi. Allah
menggunakan metode inkuiri terhadap Abraham supaya Abraham dapat menemukan
kembali informasi-infomasi yang diperlukan untuk dapat mengerti rencana Allah
dan janjiNya kepada Abraham.
B. ISI
Dalam kejadian 12
dijelaskan bahwa Tuhan berfirman kepada Abraham dan Tuhan mengatakan seperti
ini kepada Abraham “ pergilah dari Negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari
rumah bapamu ini ke Negeri yang
kutunjukan kepadamu .
Disini Tuhan menyuruh
Abraham untuk pergi ke negeri yang Abraham tidak ketahui dimana Negeri tersebut
berada, dan Tuhan berjanji kepada Abraham
untuk menjadikan bangsanya menjadi bangsa yang besar dan memberkati
dia serta membuat nama Abraham menjadi
masyur serta menjadikannya berkat dimanapun dia berada
Nah oleh karena itu
saya mau menjelaskan bahawa metode yang
dilakukan oleh Allah pada waktu ia
menyuruh Abraham ketempat yang dia belum
ketahui adalah metode inkuiri atau
metode penemuan dimana Abraham melakukan apa yang Tuhan suruh dan setelah Abraham tiba di tempat yang Tuhan
tuju disana dia menemukan informasi informasi yang Tuhan berikan dan membuka
wawasan Abraham bahwa apa yang Tuhan suruh itu akan terjadi dalam kehidupannya.
Begitu juga yang terjadi pada saat guru menyuruh kita untuk mengerjakan tugas
yang tidak kita ketahui. Disitu kita seperti Abraham yang melakukan apa yang
telah guru suruh kepada kita untuk melekukan tugas-tugas yang telah
dipercayakan kepada kita. Kita mencari informasinya sendiri dan mendapatkan
pengertian dan pemahaman yang baru ketika kita mencari dan mendapatkan
informasi tersebut dengan sendirinya. Oleh karena itu perlu sekali metode ini
dilakukan dalam menjalankan studi atau pembelajaran apapun . dan tanpa tuhan
kita tidak bisa melakukan hal tersebut, makanya dalam hal apapun pasti libatkan
Tuhan dalam menjalankan hal tersebut
C.
PENGERTIAN METODE INKUIRI
Metode Inkuiri adalah cara penyajian pelajaran dengan
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan
informasi dengan atau tanpa bantuan guru
Metode Inkuiri
memungkinkan para peserta didik menemukan sendiri informasi-informasi yang
diperlukan untuk mencapai tujuan belajarnya, karena Metode Inkuiri melibatkan
peserta didik dalam proses-proses mental untuk penemuan suatu konsep
berdasarkan informasi-informasi yang diberikan guru.
Jadi Metode Inkuiri adalah
pelaksanaan belajar mengajar dengan cara siswa mencari dan menemukan konsep
dengan atau bantuan dari guru dalam menemukan pernemuan tersebut
D.
Alasan Penggunaa Metode Inkuiri
Alasan penggunaan
Metode Inkuiri yaitu Perkembangan dan
kemajuan ilmu pengetahuan yang pesat, Seiring dengan perkembangan dan kemajuan
ilmu pengetahuan yang pesat ,
guru dituntut untuk
kreatif dalam menyajikan pembelajaran agar anak didik dapat menguasai
pengetahuan sesuai dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan. Salah
satu langkah guru dalam menyikapi hal tersebut adalah menyajikan pembelajaran
dengan menggunakan metode inkuiri
E.
Langkah-langkah Metode Inkuiri
a) Orientasi siswa pada
masalah
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran , menjelaskan logistik yang dibutuhkan dan memotivasi siswa
terliibat pada aktivitas pemecahan masalah.
b) Mengorganisasikan
siswa dalam belajar
Guru membantu siswa
adalam mengidentifikasi dan mengorganisasikan tugas tugas yang berkaitan dengan
masalah serta menyediakan alat
c) Membimbing
penyelidikan individual maupun kelompok
Guru mendorong siswa
untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen yangberkaitan
dengan pemecahan masalah
d) Menyajikan atau
mempresentasdikan hasil kegiatan
Guru membantu siswa
dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan model
yang membantui mereka untuk 00berbagi tugas dengantemannya.
e) Mengevaluasi
kegiatan
Guru membantu sisa
untuk merefleksi pada penyelidikan dan proses penemuan yang digunakan
Langkah yang digunakan
dalam metode inkuiri dimulai dengan mengajarkan beberapa pertanyaan dengan
memberikan beberapa informasi secara singkat, diluruskan agar tidak tersesat.
Berdasarkan bahan yang ada sisawa didorong untuk berfikir sendiri sehingga
dapat menemukan prinsip umum. Seberapa jauh guru dalam membimbinbg siswa
tergantung pada kemampuan siswaa dan matero yang dipelajari. Metode inkuiri
memberi kesempatan siswa menyelidiki dan menarik kesimpulan.
F.
Tujuan Metode Inkuiri
Adapun tujuan dari
metode inkuiri adalah sebagai berikut:
a) meningkatkan
keterlibatan peserta didik dalam menemukan dan memproses bahan pelajarannya.
b) mengurangi
ketergantungan siswa pada guru untuk mendapatkan pelajarannya
c) melatih peserta
didik dalam menggali dan memanfaatkan lingkungan asebagai sumber belajar yang tidak ada habisnya
d) memberi pengalaman
belajar seumur hidup
e) meningkatkabn
ketrlibatan peserta didikdalam menemukan dan memrosesbahan pelajarannya
f) mengurangi
ketergantungna peserta didik padaguru untuk mendaopatkan pengalaman belajarnya
g) melatih peserta
didik menggali dan memanfaaatkan liongkunean sebagai sumber belajar yang tidak
ada habisnya
h) memberi pengalaman
belajar seumur hidup
G.
Kebaikan Metode Inkuiri
a) Sisawa ikut berpartisispasi
secaraaktif didalam kegiatan belajarnya, sebab metode inkuiri menekankan poad
proses pengolahan informasi pada peserta didik
b) Siswa benar-benar
dapat memahami suatu konsep dan rumuis, sebab siswa memahami sendiri proses
untuk mendapatkan konsep atau rumus tersebut
c) Metode ini
memungkinkan sikap ilmiah dan menimbulakan semangat ingin tahu para siswa.
d) Dengan menemukan
sendiri siswa merasa sangat puas dengasn demikian kepuasa mental sebagai nilai
intrinsik siswa terpenuhi.
e) Guru tetap memiliki
kontak pribadi
f) Penemuan yang
diperoleh peserta didik dapat menjadi kepemilikan yang sangan sulit dilupkan.
H
.Keunggulan Metode Inkuiri ini adalah:
a. Perhatian siswa akan
terpusat sepenuhnya dalam menjalankan metode ini
b. Memberikan
pengalaman praktis yang dapat membentuk ingatan yang kuat dan keterampilan
dalam berbuat
c. menghindarkan
kesalahan siswa dalam mengambil kesimpulan .
d. para siswa menemukan
sendiri dan mampu mengalami sendiri
e. memeupuk kerja sama
yang harmonis dikalangan siswa
f. para siswa bekerja
menurut minat dan kemampuan sendiri
g. mempererat hubungan
sekolah dan masyarakat, serta hubungan orang tua dan guru.
Metode Inkuiri ini
sangat baik digunakan dalam pembelajaran. Metode ini membuat siswa terpusat
dengan meteri yang sedang dibahas, memperkecil kesempatan siswa untuk bermain
sendiri saat pelajaran, dan memberikan pengalaman belajar yang menarik dan
bermakna bagi siswa.
Metode Inkuiri ini juga
dapat menghindarkan kebingungan siswa karena siswa dapat memperoleh jawaban berdasarkan
kegiatan yang mereka lakukan sendiri.
F. PENGERTIAN METODE
INKUIRI MENURUT PARA AHLI
1.
Philips (dalam arnyana 2007. 39)
Mengemukakan inkuiri
merupakan pendekatan pembelajaran yang dpat diterapakan pada semua jenjeng pendidikan pembelajaran
dengan pendekatan ini sangat terintegrasi.
2
Syaiful sagala (2011,196)
Metode
inkuiri merupakan metode pembelajaran yang berupaya menanamkan dasar-dsar
berpikir ilmiah pada diri siswa yang berperan sebagai subjek belajar, sehingga
pada proses pembelajaran siswa lebih banyak belajar sendiri,mengembangkan
kreativitas dalam memecahkan masalah
3.
Aziz (AHMAD, 2011)
Metode
inkuiri merupakan metode yang
menempatkan dan menuntut guru
untukmembantu siswa menemukan diri sendiri data ,fakta dan informas
tersebut dari berbagai sumber agar
dengan kegiatan itu dapat memberikan pengalaman kepada siswa
4.
Winataputra (1992)
Metode
inkuiri merupakan metode yang dapat
mengembangkan pengetahuan dan pemahaman .
Berdasarkan
beberapa pengertian diatas dapat di Tarik kesimpulan bahwa metode pembelajaran
inkuiri adalah suatu metode pembelajaran
yang menekankan siswa dalam memperoleh informasi dengan cara proses berpikir
logis dan analitis dalam memecahkan masalah
F. APLIKASINYA DALAM KEHIDUPAN
SEHARI HARI
Dalam menjalani metode
ini perlu ada sesuatu yang mendorong kita untuk
melakukannya agar dalam
menjalankan metode ini kita sungguh-sungguh
menjalani dengan sepenuh hati agar menjadi manfaat bagi kehidupan kita
Dengan begitu ada beberapa
hal yang harus dilakukan yaitu sbb;
·
Berusaha melakukan yang terbaik dalam
menjalankan metode tersebut agar menghasilkan hasil yang maksimal
·
Terus bertanggung jawab dalam
menjalankan metode tersebut supaya kita dapat menjadi seorang yang dipercaya untuk
mengerjakan apa yang menjadi tanggung jawab kita
·
Metode ini menjadi wadah agar kita
diberikan motivasi untuk belajar dengan sungguh-sungguh sehingga memperoleh
informasi dan pengertian dalam melakukan metode tersebut.
·
Menjadi suatu metode yang mendorong kita
untuk lebih lagi melakukan apa yang menjadi tanggung jawab kita sebagai siswa
ketika guru memberikan tugas.
·
Menambah wawasan kita ketika metode ini
kita lakukan dengan sungguh-sungguh dan dengan hati yang sunguh-sungguh juga
·
Menjadi metode yamg membuat kita bersama-sama
dalam mencari dan mendapatkan informasinya sendidri
·
Memotivsi kita untuk terus belajar
KESIMPULAN
Jadi, metode inkuiri
ini adalah metode pembelajaran dimana siswa dituntut untuk lebih aktif dalam
proses penemuan, penempatan siswa lebih banyak belajar sendiri serta mengembangkan keaktifan dalam
memecahkan masalah, dan proses inkuiri adalah suatu proses khusus untuk
meluaskan pengetahuan melalui penelitian.
Komentar
Posting Komentar